Belajar Algoritma Pemrograman

Algoritma Pemrograman secara sederhana dapat diartikan, Algoritma merupakan urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah dan Pemrograman ialah proses mengimplementasikan urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan mengunakan bahasa pemrograman. Jadi dapat disimpulkan bahwa algoritma pemrograman merupakan urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah dengan mengunakan bahasa pemrograman, misal bisa mengunakan bahasa pemrograman Java, pascal, C dan Basic dll.
Belajar Algoritma Pemrograman

Sebagai contoh kita akan belajar algoritma pemrograman sederhana, misal mencari keliling persegi panjang, adapun langkah-langkah untuk memecahkan masalah sebagai berikut :

1. Analisa masalahnya dan buat algoritma
2. Tuangkan algoritma kedalam bentuk program
3. Mengeksekusi dan menguji program.

Belajar Algoritma Pemrograman

Mari kita bahas satu persatu tiga langkah diatas, pertama kita analisa masalah yaitu mencari keliling persegi panjang tentunya kita harus mencari rumus untuk mencari keliling persegi panjang, oke ketemu ! rumus keliling persegi panjang yaitu 2 x (Panjang + Lebar).
Kedua kita tuangkan algoritma kedalam bentuk program dengan mengunakan bahasa pemrograman seperti, Java, Pasca, C, Basic dan lain-lain.

Setelah kita tuangkan algoritma dalam bentuk program maka langkah yang terakhir kita eksekusi dan menguji program apakah berjalan dengan baik atau tidak. Sekain sesi belajar algoritma pemrograman semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.


1 Komentar:

predavid lucman mengatakan...

Mampir mlaku-mlaku mas...

Poskan Komentar