Menjadi Seorang Webmaster Handal



Menjadi Seorang Webmaster Handal - Webmaster merupakan orang yang biasanya bertugas untuk mendesain halaman-halaman web, seorang webmaster harus mengerti dengan coding, animasi, programming dan administrasi web. Webmaster biasanya mengerjakan proyek-proyek web standart, beda dengan web developer yang biasanya menangani web besar yang membutuhkan penanganan khusus dan biasanya dikerjakan dalam sebuah tim. Kemudian pertanyaannya, kamu ingin menjadi seorang webmaster ? Jika benar lanjutkan membaca artikel ini iya :-)

Untuk menjadi seorang webmaster kamu setidaknya harus menguasai tools dan bahasa pemrogramman yang digunakan untuk membangun sebuah web, salah satunya adalah:

HTML 
HTML (HyperText Markup Language) merupakan bahasa yang wajib kamu harus kuasai, karena HTML adalah bahasa yang digunakan untuk mendesain halaman web. Jangan pernah berani mengaku seorang webmaster kalau tidak mengerti bahasa HTML.

CSS 
CSS (Cascading Style Sheet) berfungsi untuk memperindah halaman-halaman web agar terlihat lebih profesional, untuk mengunakan CSS anda bisa menyisipkan pada kode HTML, namun saran saya hati-hati dalam mengunakan CSS karena tidak semua browser mendukung CSS dengan baik.

PHP 
PHP (PHP Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer saat ini, dengan PHP anda bisa membuat halaman web menjadi lebih dinamis, misalnya pengunjung bisa mengirimkan komentar, mengisi buka tamu dll.

MySQL 
MySQL merupakan tools yang berguna untuk mengolah basis data, dengan mengunakan basis data maka website dapat menyimpan informasi-informasi dari pengunjung, misalnya pada fitur buku tamu, komentar dan fitur lainya.

Memahami Domain & Hosting 
Seorang webmaster harus memahami domain & hosting serta harus bisa mengunakan panel hosting yang nanti berfungsi untuk mengupload data, membuat database, install script mengelola domain, optimasi file dan masih banyak lagi. Dengan menguasai bahasa HTML, CSS, PHP dan Tools MySQL kamu akan dengan mudah membuat halaman web, untuk belajar 4 teknologi diatas aku punya rekomendasi situs yaitu www.w3schools.com

Demikian artikel yang dapat aku sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk selalu membagikan artikel ini kepada teman anda dengan klik Share atau Like pada tombol dibawah ini. Terima kasih :-)

Baca Juga: Web hosting terbaik indonesia

0 Komentar:

Posting Komentar