Apa itu Jaringan Komputer

DuTuru - Apa itu jaringan komputer, secara sederhana jaringan komputer merupakan kumpulan komputer dan alat-alat yang saling terhubung satu sama lain dimana bertujuan untuk berbagi data atau mengunakan perangkat lunak maupun perangkat keras secara berbagi. Sebuah jaringan komputer dapat terdiri dari puluhan, ribuan bahkan ratusan node. Node merupakan kumpulan komputer dan alat lain yang dihubungan pada jaringan.

Gimana masih binggung tentang apa itu jaringan komputer ? mari kita ulas. Misalnya kita mempunyai dua buah komputer yang saling terkoneksi melalui media kawat tembaga, serat optik dan gelombang mikro sehingga dua buah komputer tersebut dapat bertukar data dan informasi. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu jaringan komputer dapat melihat gambar dibawah ini.

Apa itu Jaringan Komputer
Ilustrasi Sederhana, dua buah komputer yang saling terhubung
Gambar diatas menunjukan dua buah komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan mengunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling bertukar data & informasi. Jaringan komputer dibagi menjadi tiga tipe jaringan, yaitu  :

1. LAN (Local Area Network)
LAN merupakan sebuah sistem jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu tempat. Pada umumnya LAN digunakan pada sutau perusahaan.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan sebuah sistem jaringan yang dirancang untuk perkotaan, biasanya MAN mengunakan koneksi kecepatan tinggi dengan mengunakan serat optik.

3. WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan sistem jaringan komputer yang dirancang untuk ditempatkan di banyak lokasi yang berbeda, jaringan ini meliputi area geografis yang lebih luas lagi, yang meliputi suatu negara.

Demikian artikel mengenai apa itu jaringan komputer yang dapat saya tuliskan semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.


0 Komentar:

Posting Komentar