Pengertian Sistem Operasi

Pengertian sistem operasi - Sistem operasi merupakan software / perangkat lunak yang berguna untuk menjembatani antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi dijalankan. Contohnya seperti ketika menyimpan melakukan penyimpanan data ke flashdisk, maka proses akan dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi. Secara sederhana dapat digambarkan seperti dibawah ini :

pengertian sistem operasi


Saat ini banyak beredar sistem operasi dipasaran, namun hanya beberapa yang memiliki cukup banyak pengunannya. Berikut ini diantara sistem operasi yang populer saat ini :

1. Windows

Sistem operasi windows dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Microsoft, dengan memperkenalkan sistem operasi yang pertama pada tahun 1985 yang diberi nama Windows 1.0, perusahaan Microsoft berkembang sangat pesat saat ini baru saja memperkenalkan windows versi terbaru yaitu Windows 8, Ingin tahu tampilan windows 8 lihat disini.

2. Linux

Linux dimulai ketika seorang mahasiswa ilmu komputer di universitas Helsinski bernama Linus Torvalds pada tahun 1991, saat ini linux didistribusikan dibawah General Public Licensi (GNU), GNU merupakan suatu lisensi dimana penguna dapat merubah, memodifikasi, menjual dengan syarat kode program yang asli harus tetap disertakan, atau orang sering menyebutnya Opensource.

3. Mac OS

MacOS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh perusahaan yang bernama Apple, Saat ini sudah merilis versi terbarunya yaitu Mac OS X 10.8 Mountain Lion

Nah itu lah artikel singkat tentang pengertian sistem operasi, semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkanya. Jika kawan kurang paham bisa menuliskan pertanyaan dikotak komentar dibawah ini.


1 Komentar:

Anonim mengatakan...

kalau symbian itu termasuk sistem operasi apa ya mass ??

Posting Komentar