Cara Membuat Database MySQL

 Cara Membuat Database

Seperti janji saya kemarin, kali ini saya akan menuliskan cara membuat database. Sebelum anda melanjutkan artikel ini, sebaiknya baca dahulu artikel saya sebelumnya tentang tutorial mysql menggunakan xampp diartikel tersebut saya menjelaskan mengenai bagaimana menjalankan program klien mysql melalui command prompt.

Cara membuat database pada tulisan ini saya bagi menjadi 2 cara, yang pertama mengunakan tools phpMyAdmin (bawaan XAMPP) dan yang kedua mengunakan tools command prompt. langsung saja berikut ini cara membuat database mengunakan Tools PhpMyAdmin :

Saya asumsikan anda sudah menginstall program XAMPP, jika belum dapat membaca tulisan saya cara instal xampp,
1. Oke kita lanjut buka browser dan pada Address Bar ketikan : http://localhost/phpmyadmin/
2. Lakukan login dengan menginputkan username dan password .
3. Pada bagian atas kanan, pilih Database dan isikan nama database yang anda kehendaki pada kolom Create Database kemudian tekan tombol Create.
4. Selamat anda sudah berhasil membuat database.

Cara membuat database yang kedua mengunakan tools command prompt :

1. Buka command prompt ( Start + All Program + Accessories + Command Prompt ).
2. Setelah menjumpai tampilan command prompt ketikan perintah dibawah ini :
cd C:\xampp\mysql\bin
3. Kemudian ketikan lagi perintah berikut :

mysql -u root –p

4. Masukan password anda jika sebelumnya anda melakukan set password.
5. Jika suda berhasil masuk ke program klien Mysql anda akan menemui tulisan semacam ini :

Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 11

...............

6. Untuk membuat database ketikan perintah create database joomla; jika berhasil akan muncul tulisan semacam ini:

mysql> create database joomla;
Query OK, 1 row affected (0.04 sec)


7. Dan untuk melihat database anda bisa mengunakan perintah show databases;

Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang cara membuat database, bila anda kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Selamat Belajar


0 Komentar:

Posting Komentar